Selasa, 3 Oktober 2023

IKRAR IBLIS SESATKAN ANAK ADAM

 Kisah iblis yang berikrar sesatkan anak cucu Adam banyak diceritakan dalam al-Quran. Usaha ini dilakukan berterusan hingga hari kiamat.  Antaranya dalam surah al-Hijr, ayat 39.

Al-Hijr - 15:39

قَالَ رَبِّ بِمَآ أَغۡوَيۡتَنِى لَأُزَيِّنَنَّ لَهُمۡ فِى ٱلۡأَرۡضِ وَلَأُغۡوِيَنَّهُمۡ أَجۡمَعِينَ

Iblis berkata: " Wahai Tuhanku! Kerana Engkau telah menjadikan daku sesat, (maka) demi sesungguhnya aku akan memperelokkan segala jenis maksiat kepada Adam dan zuriatnya di dunia ini, dan aku akan menyesatkan mereka semuanya,

Tafsir Ibn Kathir

Allah menceritakan perihal iblis dan pembangkangan serta keang­kuhannya, bahwa ia berkata kepada Tuhannya:

...oleh sebab Engkau telah memutuskan bahwa aku sesat.

 Sebagian ulama mengatakan bahwa iblis bersumpah atas nama penyesatan Allah terhadap dirinya. Menurut kami, makna ayat dapat ditakwilkan bahwa 'karena Engkau telah menyesatkan aku'.

...pasti aku akan menjadikan mereka memandang baik (perbuatan maksiat) di muka bumi.

Yang dimaksud dengan "mereka' ialah anak cucu dan keturunan Adam a.s. Dengan kata lain iblis mengatakan, "Sesungguhnya aku akan membuat mereka senang dan memandang baik perbuatan-perbuatan maksiat, dan aku akan anjurkan mereka serta mengarahkan mereka dengan terus menerus untuk melakukan kemaksiatan."

...dan pasti aku akan menyesatkan mereka semuanya.

Yakni sebagaimana Engkau telah menyesatkan aku danmenakdirkanku menjadi sesat, maka aku akan berupaya keras untuk menyesatkan mereka.

Tiada ulasan:

Catat Ulasan

PILIHANRAYA DAN KEBEBASAN BERSUARA

Tidak dapat dielakkan. Bila wakil rakyat meninggal dunia, kerusinya perlu diganti. Wakil rakyat sama ada Ahli Parlimen (AP)atau Ahli Dewan U...